Khasanah Islam

Tips Mengurangi Dampak Radiasi Ponsel





WHO selaku Badan Kesehatan Dunia melalui International Agency for Research on Cancer (IARC) mengeluarkan hasil penelitian yang mengungkapkan bahwa penggunaan ponsel terlalu lama akan mengakibatkan terjadinya tumor otak jenis glioma, Radiasi ponsel dikategorikan sama dengan zat karsinogenik berbahaya seperti timbal, asap knalpot, dan kloroform.

Berikut adalah beberapa tips atau hal yang bisa Anda lakukan untuk mulai menghindari dampak dari radiasi handphone yang bisa saja akan merugikan kesehatan kita di lain hari. Berikut tipsnya

1. Gunakan speakerphone atau headset

Kita tidak bisa menolak untuk menerima panggilan telepon. Namun jika Anda masih khawatir, ada baiknya menggunakan headset. Intinya agar ponsel Anda, tidak terlalu dekat dengan otak, Headset tak memancarkan radiasi sebanyak ponsel atau jika dalam keadaan sepi, dan tidak mengganggu orang lain, ada baiknya jika sesekali Anda menjawab telepon dengan menggunakan mode speakerphone.

2.Bergantian telinga kanan dan kiri dalam menerima telepon

Hindari penggunaan satu bagian telinga ketika bertelepon. Misalnya, selalu menerima telepon dengan telinga bagian kiri saja. Menurut para ahli, hal ini justru tidak baik. Manfaatkan kedua telinga Anda untuk meminimalisir radiasi yang terpancar.

3. Perbanyak mendengar, kurangi bicara

Ponsel memancarkan radiasi ketika Anda berbicara atau mengetik SMS, tapi tidak memancarkan radiasi ketika sedang menerima pesan. Maka, usahakan untuk mendengarkan lebih banyak saat bicara dengan ponsel, ketimbang berbicara.

4. SMS

Ponsel tidak menggunakan tenaga banyak ketika kita mengirimkan teks ketimbang ketika ponsel bertugas mengirimkan suara kita. Lagipula, ketika kita mengetik SMS, artinya kita menjauhkan ponsel dari kepala kita.

5. Jauhkan Ponsel ketika sedang digunakan dari telinga, dada, atau pinggang

Ketika Anda menggunakan headset untuk menjawab telepon, usahakan untuk menjauhkan ponsel dari telinga, dada, atau pinggang. Bagian-bagian tersebut, termasuk perut adalah bagian-bagian tubuh yang mudah menyerap radiasi. Usahakan untuk menjauhkan ponsel yang sedang menerima telepon lewat headset dari perut Anda.

6.Casing atau baterai anti radiasi

Kekhawatiran radiasi ponsel belakangan memunculkan baterai dan casing berkemampuan khusus yang diklaim bisa meminimalisir hantaran radiasi yang berasal dari ponsel. Jika dirasa diperlukan, mungkin Anda bisa mencarinya di pertokoan.

7. Sinyal hilang? Matikan saja.

Ketika si ponsel tidak bisa menerima sinyal cukup, ia harus mengeluarkan usaha lebih kencang untuk mencari menara pemancar. Artinya, lebih banyak emisi yang ia keluarkan atau memicu radiasi yang lebih tinggi. Saat Anda harus menggunakan ponsel, upayakan sinyal berada dalam kondisi penuh. Lagipula, ponsel yang terlalu lama berusaha mencari sinyal hanya akan menghabiskan baterainya.

8. Kurangi penggunaan ponsel pada anak

Otak anak-anak menyerap radiasi ponsel dua kali lebih banyak ketimbang orang dewasa. Disarankan untuk menjauhkan anak-anak dari ponsel untuk melindunginya dari bahaya yang belum diketahui di masa depan.

Saat ini WHO dan Badan Lingkungan Eropa telah melakukan studi lebih lanjut mengenai radiasi ponsel. Namun tidak salahnya juga kita melakukan langkah pencegahan ketimbang mengambil risiko di masa depan. Pesan kami jaga kesehatan anda dan bagikan tips ini kepada orang lain, semoga bermanfaat. 



sumber : anugrahjaya[dot]com

0 comments:

Posting Komentar

Share

Planetcopas