Khasanah Islam

Prinsip Kerja Alat Ukur Surface Roughness Measurement



Alat ini berfungsi untuk mengukur kekasaran dari suatu permukaan.Dengan standar atau properties pengukuran Ra, Rz, Rq, Rmax. Dan denganketelitian alat 0,02 µm. Dalam praktikum ini ingin dicari berapa nilaikekasaran dari permukaan benda uji yaitu berupa metal blok. SurfaceRougness Measurement menguji kekasaran permukaan denganmenggunakan dial indicator sebagai sensor untuk memeriksa profil daripermukaan benda uji.

Komponen dari alat ini yaitu :

• dial indicator,
• bidang uji,
• batang gerak
• skala tekanan
• display
• printer data

Cara kerja dari Surface Roughness Measurement

dapat dijelaskan dengan beberapa langkah, yaitu :

1.Meletakkan benda uji (berupa metal blok)

2.Dial indicator (berupa jarum) diatur sehingga ujung dari dial indicator beradadalam posisi stabil (di tengah skala) pada pembacaan skala tekanan terhadappermukaan objek pengukuran.



3.Sebelum alat dijalankan terlebih dahulu memasukkan faktor-faktor sepertipanjang (length) dari permukaan objek yang ingin diperiksa, standar yangingin digunakan (Ra, Rq, Rz, Rmax, dan parameter lainnya).

4.Pada saat pengambilan data, posisi dial indicator bergerak dengan konstansesuai dengan sumbu horizontal dan sejajar benda uji (berada pada garislurus).


5.Kemudian bila kita telah puas dengan hasil yang didapat maka kita dapatmencetak hasil praktikum dengan printer yang ada pada alat ukur.Dengan ketelitian sebesar 0,02 µm alat ini menghasilkan suatu grafikdengan menunjukkan besaran Ra, Rz, Rq, Rmax yang dapat digunakanuntuk penghitungan dalam kelurusan dan kedataran.

0 comments:

Posting Komentar

Share

Planetcopas