Cara Service Kipas Angin
Kipas angin merupakan suatu peralatan listrik yang sering dipakai oleh
masyarakat untuk mengurangi udara panas pada suatu ruangan .
Untuk memperbaiki kipas angin anda diperlukan beberapa peralatan service antara lain : Obeng Plus, Obeng Minus, Tang, Isolasi kabel , Multimeter, dll.
Kerusakan yang sering terjadi pada Kipas Angin dan cara memperbaikinya antara lain :
1. Mati total
2. Pada saat di nyalakan dynamo berdengung tapi baling-baling tidak berputar
3. Baling-baling kipas mau berputar hanya jika dibantu putarannya dengan tangan
Untuk menjaga agar kipas angin anda tidak cepat rusak, bersihkanlah
kipas angin jika sudah terlihat banyak debu yang menempel. Gunakanlah
kuas untuk membersihkannya, jangan menggunakan air untuk membersihkan
bagian-bagian dynamonya.
sumber : http://shafnaserviceelektronik.blogspot[dot]com
Untuk memperbaiki kipas angin anda diperlukan beberapa peralatan service antara lain : Obeng Plus, Obeng Minus, Tang, Isolasi kabel , Multimeter, dll.
Kerusakan yang sering terjadi pada Kipas Angin dan cara memperbaikinya antara lain :
1. Mati total
Biasanya kerusakan seperti ini diakibatkan oleh putusnya sekering
(Thermal fuse) yang ada di dalam kumparan dynamo akibat banyaknya
kotoran debu ruangan yang menempel pada baling-baling kipas maupun pada
Rotor ( As) yang menyebabkan rotor menjadi agak macet atau berputarnya
sangat berat sehingga kumparan dynamo kipas menjadi terlalu panas
(Overheating). Thermal fuse ini terletak menempel dan diikat pada
kumparan dynamo berfungsi untuk menjaga agar kumparan dynamo tidak
terbakar bila terjadi panas berlebih pada kumparan akibat macetnya As
rotor kipas angin. Gantilah Thermal fuse dengan yang baru tapi
hati-hatilah pada saat membongkar dynamo kipas karena gulungan kumparan
kipas sangat mudah putus, jadi harus pelan-pelan sekali.
Thermal fuse
2. Pada saat di nyalakan dynamo berdengung tapi baling-baling tidak berputar
Dynamo kipas berdengung, tidak mau berputar dan cenderung mengerem.
Kalau kita pegang rumah dynamonya lama-lama menjadi sangat panas,
segeralah matikan kipas angin jangan dipaksakan hidup. Hal ini terjadi
dikarenakan oleh Bos as yang sudah aus atau longgar karena gesekan
antara Bos dengan As rotor (poros). Adanya Bos yang longgar
mengakibatkan terjadinya pengereman pada As rotor, dimana As rotor
menempel secara magnetik pada Bos sehingga poros tidak mau berputar. Bos
pada kipas angin ada dua buah, yaitu bagian depan dan belakang,
biasanya yang cepat aus adalah bea Bos bagian depan dikarenakan
baling-baling ada di depan. Untuk mengganti Bos yang aus kita harus
membongkar rumah dudukan Bos tersebut menggunakan obeng minus yang kecil
dengan cara di cungkil pelan pelan jangan sampai patah, agar dudukan
ball bearing ini bisa dipasang kembali. Setelah diganti dan dipasang
maka kipas akan kembali berputar dengan normal kembali.
Hal ini terjadi karena tidak adanya moment putar (Torsi putaran) pada
dynamo kipas angin akibat matinya kapasitor 1,5 UF. Kapasitor ini sering
berubah nilainya akibat pemakaian maupun panas yang berlebih pada motor
/ dynamo. Kapasitor dapat diukur secara kasar menggunakan Multimeter
posisi Ohm pada sekala 1K. Lepaskan kedua kabel kapasitor dari
sambungannya, Tempelkan dua probe multimeter (warna merah dan hitam)
pada kedua kabel kapasitor secara sembarang, jika jarum menunjuk sesaat
lalu balik lagi kesemula pertanda kapasitor masih baik. Jika pada saat
diukur jarum multimeter tidak menunjuk samasekali berarti kapasitor
sudah rusak. Gantilah kapasitor yang rusak dengan ukuran yang sama, maka
kipas angin anda akan kembali bekerja.
sumber : http://shafnaserviceelektronik.blogspot[dot]com
Wah makasih Ilmu yg bermanfaat
BalasHapusTerimakasih infonya, sangat bermanfaat:)
BalasHapuscheck this out
https://centerdell.blogspot.com/ http://lampungservice.com
BalasHapushttps://kursusteknisiservicehp.blogspot.com/https://jskursus.blogspot.com/https://kursusservicehplampung.blogspot.com/
https://jasaserviceteknisi.blogspot.com/https://jasaeditfotobandarlampung.blogspot.com/https://sevicecenterhimax.blogspot.com/https://servicecenteradvan.blogspot.com/
https://jasapengetikandibandarlampung.blogspot.com/
Biasanya kerusakan seperti ini diakibatkan oleh putusnya sekering (Thermal fuse) yang ada di dalam kumparan dynamo akibat banyaknya kotoran debu ruangan yang menempel pada baling-baling kipas maupun pada Rotor ( As) yang menyebabkan rotor menjadi agak macet atau berputarnya sangat berat sehingga kumparan dynamo kipas menjadi terlalu panas (Overheating).
BalasHapusLukQQ
Situs Ceme Online
Agen DominoQQ Terbaik
Bandar Poker Indonesia
Mau tanya gan,kenapa kipas angin akira,hidup normal ketika kepgang besi penutup sama tiang kesentrum..mohn infonya gan
BalasHapuscinemaxindo terbaru dengan subtitle Indonesia yang lagi trend di VIU atau download drama Korea sub Indo dengan kualitas HD untuk ditonton dengan online
BalasHapusizin bertanya, Kipas angin padam total, ditespen arus listrik masuk, trus sekringnya putus, Apakah boleh sekringnya di jumper aja?
BalasHapusThanks