Proses Cara Pembuatan Ban
SEJARAH BAN
Pada tahun
1839, Charles Goodyear berhasil menemukan teknik vulkanisasi karet. Vulkanisasi
sendiri berasal dari kata Vulkan yang merupakan dewa api dalam agama orang
romawi. Pada mulanya Goodyear tidak menamakan penemuannya itu dengan nama
vulkanisasi melainkan karet tahan api. Untuk menghargai jasanya, nama Goodyear
diabadikan sebagai nama perusahaan karet terkenal di Amerika Serikat yaitu
Goodyear Tire and Rubber company yang didirikan oleh Frank Seiberling pada
tahun 1898. Goodyear Tire & Rubber Company mulai berdiri di tahun 1898
ketika Frank Seiberling membeli pabrik pertama perusahaan ini dengan menggunakan
uang yang dia pinjam dari salah seorang iparnya.
Pada tahun 1845 Thomson dan Dunlop menciptakan ban atau pada waktu itu disebut ban hidup alias ban berongga udara. Sehingga Thomson dan Dunlop disebut Bapak Ban. Dengan perkembangan teknologi Charles Kingston Welch menemukan ban dalam, sementara William Erskine Bartlett menemukan ban luar.
Pada tahun 1845 Thomson dan Dunlop menciptakan ban atau pada waktu itu disebut ban hidup alias ban berongga udara. Sehingga Thomson dan Dunlop disebut Bapak Ban. Dengan perkembangan teknologi Charles Kingston Welch menemukan ban dalam, sementara William Erskine Bartlett menemukan ban luar.
STRUKTUR DAN KONSTRUKSI BAN
Konstruksi
ban radial terdiri dari Body ply yang benangnya disusun secara tegak lurus dengan
garis tengah ban.
Ban Bias
Konstruksi
ban bias terdiri dari Body ply yang benangnya disusun secara bersilang dengan arah
diagonal antara satu dengan yang lain.
KEUNGGULAN KARAKTERISTIK BAN RADIAL atas BAN BIAS
Konstruksi Ban Bias / Ban Tubetype
Konstruksi
Ban Radial
Kecepatan
Speed rating
ban radial secara umum lebih tinggi dari ban bias.
Daya
Tempuh
Radial speed
rating is generally higher than that of bias
Daya
Kemudi
Ban radial
mempunyai cengkeraman dan kestabilan lebih tinggi baik di jalan lurus maupun
ditikungan.
Konsumsi
Bahan Bakar
Dengan
Konstruksi radial, ban radial mempunyai tahanan meluncur (Rolling Resistance)
yang kecil dibandingkan ban bias, sehingga terjadi penghematan bahan bakar,
karena pelepasan energi yang kecil
Penampilan
Ban radial
lebih menarik dari segi gaya, rancangan dinding dan telapak ban dibandingkan
dengan ban bias
KEUNGGULAN BAN RADIAL TUBELESS dengan BAN RADIAL TUBETYPE
Pada umumnnya
ban radial mempunyai konstruksi tubeless (tidak menggunakan ban dalam). Ban
tubeless adalah ban yang tidak memerlukan ban dalam dan sebagai penggantinya
ban tersebut dilapisi dengan lapisan inner liner dari bahan karet yang kedap
udara.
Ban Tubeless
Ban Tubetype
Keunggulan ban tubeless adalah :
• Lebih ringan dibanding ban tubetype
• Lebih aman pada saat ban terkena benda tajam (paku).
• Resiko terhadap ban meledak akibat panas karena gesekan tidak ada
• Lebih aman pada saat ban terkena benda tajam (paku).
• Resiko terhadap ban meledak akibat panas karena gesekan tidak ada
Ban Tubeless:
Ban Tubeless adalah ban yang dirancang tanpa mempunyai ban
dalam. Ban tubeless in diciptakan sekitar tahun 1990
PROSES PEMBUATAN BAN
Gambaran umum proses Manufacturing Ban ( PT. Bridgestone Tire Indonesia )
1.
Mixing / Banbury
kedalam
mesin Banburry. Dalam mesin tersebut terdapat alat yang berfungsi untuk menggiling
campuran menjadi lapisan yang disebut compound. Sebelum compound tersebut
disusun pada rak, terlebih dahulu melewati proses pendinginan dan diberi cairan
adhesive agar compound tersebut tidak lengket setelah tersusun.
2.
Extruding
Adonan hasil mixing tadi dibuat menjadi tread dan sidewall.
Prosesnya adalah injeksi dan extruding hingga terbentuk profil.
Hasil
akhir dari tahapan ini adalah side wall, tread dan filler.
Side wall merupakan salah satu bagian ban yang berfungsi sebagai
pelindung terhadap benturan dari arah samping atau serempetan,
bahan untuk
menambah fleksibilitas ban, lapisan karet pembungkus carcass dari shoulder
area ke rim cushion dan bead area, berfungsi untuk fashion
jika dihias dengan white ribbon atau white letter, penahan
tekukan untuk beban berat, daya tahan lama dan tahan retakan dan juga berfungsi
untuk kekerasan dan keempukan radial.
3. Calender
Proses
aplikasi lain adalah untuk pembuatan material ply & steel belt, JLB
& cap ply. Aplikasi tersebut dibentuk oleh mesin Calender dengan
bahan dasar benang (polyester dan nylon) juga steel cord. Polyester maupun
nylon yang akan diproses, sebelumnya harus melalui proses pelebaran terlebih
dahulu agar material tersebut terbuka untuk kemudian di masukan ke dalam oven
dengan suhu 160°C agar pada saat diberikan compound dan bahan-bahan
seperti polyester, nylon, dan steel cord dapat merekat dengan sempurna.
4. Bead
4. Bead
Sementara proses calender berjalan, di bagian lain ada pembuatan bead
wire yaitu melapisi kawat baja dengan karet. Proses ini berjalan otomatis
dan begitu keluar dari mesin, bead wire sudah berbentuk lingkaran sesuai
dengan ukuran rim.
5.
Cutting
Proses
cutting ini merupakan proses lanjutan dari mesin Callender, hasill akhir dari proses ini biasa disebut dengan Ply dan
Cap Ply. Ply merupakan lembaran material yang terdiri dari Polyester, Nylon,
dan compound yang telah diproses sebelumnya dalam bentuk gulungan
panjang di mesin Calender yang kemudian di potong – potong untuk merubah arah
atau sudut benang dari 0° menjadi 90°. Ply berfungsi sebagai carcass atau
kerangka untuk menahan, membentuk sistem suspensi dan beban ban.Sedangkan
Cap Ply merupakan lembaran material yang terdiri dari nylon dan compound yang
dipotong – potong menjadi beberapa bagian di mesin TTO. Cap Ply berfungsi
sebagai bahan untuk mempertahankan bundar ban waktu berjalan, meredam suara
bising dari steel belt, membuat nyaman, dan untuk memperkecil rolling
resistance.
6. Building
Building Mc. |
7.
Curing
.
.
Proses selanjutnya adalah tahap akhir
dari proses pembentukan ban. GT yang dihasilkan dari proses perakitan kemudian
di kirim ke area Curing untuk dimasak. Proses Curing sendiri
terdiri dari beberapa tahap. Pertama GT datang dari bagian Perakitan, sebelum
masuk ke proses curing, GT harus diperiksa terlebih dahulu untuk
menghindari adanya cacat pada GT. Setelah GT selesai diperiksa diambil 4 ban
setiap 1 rak GT untuk dilakukan proses painting Chem Trend yaitu
pengolesan cairan tire-lubricant pada bagian dalam GT yang bertujuan
agar GT tidak menempel di bagian karet bladder pada saat proses curing berlangsung.
Kemudian GT dikirim ke masing-masing operator untuk di proses di mesin press curing.
Proses curing sendiri merupakan pemasakan atau vulkanisasi yaitu
penyatuan polimer (rubber) dengan carbon black dan sulphur dengan
dibantu oleh persenyawaan bahan kimia untuk mendapatkan beberapa karakteristik compound
yang diperlukan dari bagian-bagian ban. Proses curing (pemasakan)
ini membutuhkan suhu panas dan sejumlah tekanan steam yang sangat
tinggi, GT akan ditempatkan pada cetakan (mold) dengan temperatur sesuai
dengan yang diinginkan untuk produksi. Setelah cetakan tertutup, GT akan
melebur ke dalam cetakan tread dan side wall. Cetakan tersebut tidak
dapat dibuka sampai proses curing selesai secara keseluruhan. Setelah
proses pemasakan selesai, mold akan terbuka secara otomatis. Ban yang sudah
jadi akan jatuh dan masuk ke dalam conveyor untuk kemudian sampai di bagian
Pemeriksaan (Finishing).
8. Finishing / quality control
Inspection |
Setelah selesai, ban diperiksa secara visual apakah ada cacat atau tidak.
Proses ini tentu saja tidak menggunakan mesin, jadi ketelitian pekerja sangat
dibutuhkan. Selain visual, kontrol juga dilakukan dengan pemeriksaan
balance dan menggunakan sinar X.
Ban tidak mungkin bisa 100% balance seperti pelek, namun ada batasannya. Jika melebihi batas, berarti ada kesalahan pada proses produksi. Selain itu, kami juga memiliki laboratorium untuk memeriksa sampel ban yang diambil secara acak demi menjaga kualitas.
Wrapping/Packaging
Ban tidak mungkin bisa 100% balance seperti pelek, namun ada batasannya. Jika melebihi batas, berarti ada kesalahan pada proses produksi. Selain itu, kami juga memiliki laboratorium untuk memeriksa sampel ban yang diambil secara acak demi menjaga kualitas.
Wrapping/Packaging
Wrapping Tire |
Saya menjual produk Pelumas/Oli dan Grease/Gemuk untuk sektor Industri.
BalasHapusOli yang kami pasarkan diantaranya untuk aplikasi : Diesel Engine Oil, Transmission Oil, Gear Oil, Compressor Oil, Hydraulic Oil, Circulating & Bearing, Heat Transfer Oil, Slideway Oil, Turbine Oil, Trafo Oil, Metal Working Fluid, Synthetic Oil, Corrosion Preventive, Wire Rope, Specialities Oil dan aneka Grease/Untuk info lebih lanjut tentang produk ini bisa menghubungi saya di email tommy.transcal@gmail.com
WA:0813-1084-9918
Terima kasih