Khasanah Islam

cara mendefragment harddisk diwindows 7

Bagaimana cara mendefragment harddisk di operating system buatan Microsoft yang notabene merupakan operating system paling populer saat ini.

Berikut adalah tips
mendefragment harddisk di windows 7 tanpa memerlukan banyak waktu untuk mengkonfigurasikannya :


Disk Defragment

Disk Defragment adalah salah satu tool bawaan dari OS Windows, dalam thread ini akan dibahas bagaimana mendefrag menggunakan Windows 7. Perbedaan Disk Defragment menggunakan Windows XP dan Windows 7 yaitu pada Windows 7 kita bisa melakukan defragment pada beberapa partisi secara bersamaan.

Pentingnya Defragment Hardisk ?

Banyak pengguna komputer yang menganggap disk defragment adalah hal yang tidak penting. Hal ini kemungkinan karena mereka adalah orang awam yang tidak mengetahui apa fungsi dari disk defragment bagaimana cara defrag. Disk defragment akan menata ulang struktur hardisk dan akan mengurutkannya sesuai dengan alphabetic. Dengan kata lain dengan melakukan defragment pada hardisk kita bisa merawat kinerja dari hardisk PC kita yang terkadang overload karena banyaknya file-file yang menumpuk dan tidak teratur. File-file yang bertumpuk dan tidak teratur akan membuat kinerja komputer menjadi lambat (atau biasa diitilahkan lemot).

Untuk itu agar kinerja komputer tetap baik dan untuk merawat hardisk sebaiknya lakukan disk defragment agar file-file yang ada di drive komputer dapat dirapikan dan juga dapat menghemat kapasitas dari drive tersebut

Bagaimana menggunakan Disk Defragmenter ?
Ada 2 cara untuk menemukan Disk Defragmenter di Wondows 7 :
Cara pertama : klik menu Start --> All Programs --> Accessories --> System Tools --> Disk Defragmenter



Atau bisa juga dengan cara kedua yaitu : klik menu Start dan ketikkan Defragment pada form Search


Setelah melakukan salah satu cara di atas maka akan muncul jendela Disk Defragmenter



Pada jendela Disk Defragmenter di atas kita dapat melihat partisi yang akan didefragment, termasuk partisi hidden yang dibuat oleh Windows 7
Jika anda tidak tahu apakah partisi anda perlu didefrag atau tidak anda bisa mengklik tombol Analyze disk

Hasil analisa tersebut bisa kita jadikan acuan untuk mengetahui apakah partisi memang perlu untuk didefrag atau tidak.

Selanjutnya pilih partisi mana saja yang ingin didefrag dan klik tombol Defragment disk




Windows 7 mengijinkan kita untuk melakukan defragment pada beberapa partisi secara bersamaan tanpa harus menunggu proses defragment partisi yang lain selesai.

0 comments:

Posting Komentar

Share

Planetcopas